Siasat Foto Landscape Menggunakan Ponsel

Image by Hải Đặng Quốc from Pixabay 
Halloha sobat Mikoriza...
Jumpa lagi dengan admin Mikoriza Photography yang kecebadai aduhai ulala badai, hehe.


    Bagi para pecinta foto landscape yuk merapat. Aku mau kasih tau kalian, kiat-kiat atau bagaimanasi cara menyiasati foto landscape agar hasilnya nampoll? Yuk kepoinn...

    Sobat Mikoriza, menurut kalian foto landscape itu apa? Aku kepo nih sama pendapat kalian, yuk gunakan kolom komentar untuk menyuarakan pendapat kalian. Ditunggu yaa...
 
     Dalam dunia fotografi, foto landscape atau dalam Bahasa Indonesia disebut dengan foto lanskap merupakan bagian atau porsi dari panorama alam yang memiliki satu titik sebagi pusat pandang tersendiri. Makhluk hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan serta benda-benda lain seperti batu, air, dan yang lainnya, hanya digunakan sebagai penyeimbang dalam foto, agar hasil foto lebih terlihat bernyawa.

     Nah, sekarang masuk dalam topik utama kita, yaitu siasat foto landscape dengan ponsel, yuk simak...

1. KETEPATAN WAKTU


     Kapan waktu terbaik mengambil foto landscape? Ketika sunrise atau saat matahari terbit dan ketika sunset atau saat senja. Kedua waktu itu akan membuat hasil fotomu lebih ciamik, karena saat itulah cahaya dari matahari terlihat sangat lembut dan tidak silau.


2. TENTUKAN PUSAT PANDANG


     Dalam setiap jepretan foto, berusahalah untuk tetap fokus pada satu pusat pandang untuk mendapatkan hasil panorama yang indah dalam foto kalian. Jangan hanya mengutamakan hasil foto yang fantastis tanpa mencakup unsur keindahan panorama alam.


3. PEGANG PONSEL DENGAN BENAR


    Potret foto landscape, perlu menempatkan ponsel dalam posisi horizontal, agar dapat mencakup panorama alam yang lebih luas dan mengurangi bayangan gelap dalam foto.


4. KELOLA HASIL GAMBAR


    Dalam hasil foto landscape, hindari penggunaan filter yang akan merusak atau mengakibatkan foto kalian menjadi tidak alami. Aturlah pencahayaan, kekontrasan dan warna dalam foto.


5. SETTING KAMERA PONSEL


    Aturlah pencahayaan kamera ponsel yang sekiranya dapat menambah ketajaman warna dan katejaman gambar. Tetapi, hindari cahaya yang berlebihan dan aktifkan fokus pada kamera jika kalian memiliki pilihan tersebut dalam kamera ponsel.


6. LIBATKAN MAKHLUK HIDUP ATAU BENDA LAINNYA


    Makhluk hidup dan benda lainnya merupakan dua elemen tambahan dalam foto landscape. Kedua elemen tersebut hanya digunakan sebagai penyeimbang dan pembanding skala serta dinamika dalam foto.


7. JAGA KEBERSIHKAN LENSA 


    Sebelum memotret, pastikan bahwa lensa kamera kalian bersih. Meskipun menjaga kebersihan lensa merupakan hal yang sepele, tetapi hal ini dapat membawa pengaruh yang besar terhadap hasil foto nantinya. Jika lensa kamera kalian bersih, maka kualitas foto yang dihasilkan menjadi lebih jernih.


8. AKTIFKAN HDR ( HIGH DYNAMIC RANGE)


    HDR sangat cocok jika diaktifkan pada potret dengan cahaya kontras. Potret landscape termasuk salah satu tampilan foto yang tepat untuk cahaya kontras dan hanya berpusat pada satu subjek.


9. AMATI KONDISI LINGKUNGAN SEBELUM MEMOTRET


    Sebelum kalian memotret, pastikan kondisi lingkungan kalian bersih dan indah serta singkirkan benda-benda yang tidak diperlukan. Hal ini akan memberi pengaruh yang kuat terhadap kualitas foto yang dihasilkan.



     Sobat Mikoriza, bagaimana dengan siasat foto landscape yang aku sampaikan ini? Cukup banyak ya, tetapi Inshaallah bermanfaat. Selamat mempraktikkan ya sobat. Jangan lupa untuk tinggalkan komentar :)

See you...


    


     



    

    
     
    


     




     



     

   
     
   
 

Komentar