Tips Penting untuk Mencegah Jamur pada Lensa Kamera

Image by analogicus from pixabay
Hey yo guis
Ketemu lagi sama mimin Mikoriza Photography!


Menghabiskan waktu di rumah aja tentu mengurangi banyak kegiatan yang biasanya kalian lakukan kan guis?Dan tentunya selain melakukan kegiatan online,banyak waktu luang di keseharian kita.

Untuk menghabiskan waktu,tak sedikit diantara kita yang memilih untuk mengisi media sosial kita dengan foto aesthetic dibantu dengan kamera kesayangan.

Tapi setelah dilihat,kenapa banyak terdapat bercak yang mengganggu hasil foto terutama di bagian yang berwarna cerah?Hasilnya jadi ga badai lagi dan berburu like di medsos pun gagal.

Bisa jadi itu adalah jamur yang menempel pada lensa loh guiss..

Tapi tenang aja,mimin udah ngerangkum nih khusus buat sobat miko tentang bagaimana cara mencegah hal diatas terjadi,so cuss kita simak😉

1.Tetap dalam suhu stabil
   Menjaga kestabilan suhu di sekitar kamera merupakan langkah yang penting dalam mencegah terbentuknya jamur di lensa kamera,karena lesna kamera adalah benda yang sangat sensitif terhadap perubahan suhu di sekelilingnya.Ketika kamera dipindahkan ke tempat yang suhunya terpaut jauh,diamkan kamera di dalam tas kamera sejenak untuk menghindari terjadinya pengembunan yang dapat memicu terbentuknya jamur.Akan tetapi meletakkan kamera terlalu lama di dalam tas juga tidak dianjurkan guis.
2.Penempatan yang tepat
   Untuk melindungi kamera dari debu,simpan kamera dalam wadah yang dikhususkan untuk menyimpan,seperti dry box atau dry cabinet.Jika kalian belum memiliki dry box,penggunaannya dapat digantikan dengan kardus yang kalian dapatkan saat pertama kali pembelian dan dilanjutkan dengan dinungkus menggunakan plastik.
3.Gunakan silica gel
   Setelah menempatkan kamera dengan tepat,masih ada langkah berikutnya yaitu dengan menggunakan silica gel.Butiran silica yang sangat berpori dapat menyerap kelembaban sehingga menghambat pertumbuhan jamur.
4.Bersihkan secara rutin
   Membersihkan lensa secara teratur selain dapat memantau kondisi kebersihan lensa,juga dapat menyingkirkan debu yang hinggap sebelum mengerak dan berjamur.Pembersihan ini dapat dilakukan dengan menggunakan cleaning set.
   Sebagian besar kamera tidak tahan air(waterproof),maka segeralah bersihkan jika lensa terkena air.
5.Menjaga kebersihan tangan
   Bukan hanya kamera saja yang perlu bersih,tangan yang akan kita gunakan untuk mengoperasikan kamera tentu juga harus kita perhatikan.Karena percuma saja jika kita tidak memperhatikan kebersihan tangan yang menjadi salah satu faktor utama terjaminnya kebersihan kamera beserta lensa.

    Okay guis,segini dulu dari mimin.Kalau sobat miko masih penasaran  dengan hal-hal seputar pencegahan jamur ini,silakan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar.
     Semoga bermanfaat.
     See u😊

Komentar